Porter's 5 Forces adalah model yang mengidentifikasi dan menganalisis 5 kekuatan kompetitif yang membentuk suatu perusahaan dan membantu menentukan kelemahan dan kekuatan perusahaan. Analisis ini biasanya digunakan untuk mengetahui di mana posisi sebuah perusahaan apakah berada pada posisi yang sulit ataupun pada posisi puncak. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan kekuatannya, mengantisipasi kelemahan, dan menghindarkan perusahan dalam mengambil keputusan yang salah.
ada 5 "kekuatan" yang dikemukakan oleh porter yaitu :
1. Threat of a new entrants : Perusahaan yang mencoba memasuki pasar di tempat suatu perusahaan bersaing (Pesaing). Produk atau jasa yang dijual mungkin sama dengan apa yang perusahaan lain jual.
2. Threat of substitute products or services : Pesaing yang menjual produk merupakan pengganti untuk produk yang dijual suatu perusahaan. Mungkin pesaing menggunakan teknologi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan yang sama.
3. Bargaining power of suppliers : Jika ada banyak supplier maka perusahaan dapat memilih harga yang tepat dari banyaknya supplier.
4. Bargaining power of buyers : Perusahaan harus mengetahui seberapa besar purchasing power dari para pelanggannya agar mendapatkan pasar yang pas dengan apa yang dijualnya.
5. Competitive Rivalry : Perusahaan harus membuat personalitas sendiri agar bisa memunculkan bahwa perusahaan dialah yang berbeda dengan yang lain (differensiasi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar